Tuesday, January 15, 2019

Memories Page in Bullet Journal

Memories Page in Bullet Journal. Setiap manusia pasti punya memori atau kenangan yang ingin selalu diingat. Bisa kenangan ketika lulus sekolah, atau kenangan ketika jalan-jalan ke suatu tempat, bahkan kadang-kadang memori sederhana seperti beli baju baru yang sudah lama diincar dan masih banyak lagi.

Ada sebagian orang yang selalu ingat setiap kejadian yang pernah dialaminya, tapi ada juga yang suka lupa dengan apa yang pernah dialaminya, seperti saya hehehe. Kadang-kadang waktu suami saya bilang, “Inget gak waktu kita pergi ke X?” Saya jawab “Kapan ya?”. Maklumlah umur sudah tidak muda lagi jadi sering sekali lupa. Ada yang sama seperti saya?

Untuk mengrangi seringnya saya lupa, saya memutuskan untuk membuat memories page di bullet journal saya. Apa itu memories page? Memories page adalah halaman untuk mencatat semua kejadian menarik yang terjadi sehari-hari. Dengan mencatat semua kejadian yang penting, harapannya kita tidak akan lupa lagi. Tinggal buka halaman memori dan bisa terlihat semua kegiatan-kegiatan kita di waktu tertentu.

memories page in bullet journal, bullet journal page, bullet journal indonesia, bullet journal, memories page, page layout, bullet journal layout, memories page layout

Friday, December 28, 2018

January 2019 Bullet Journal Setup

January 2019 Bullet Journal Setup. Seperti yang saya tulis di postingan saya sebelumnya, saya mulai membuat bullet journal sendiri di tahun 2019, setelah sebelumnya saya selalu mencontoh tema dan layout yang digunakan oleh orang lain. Saya ingin bullet journal saya nanti lebih simple dan lebih feminim.

Lebih simple dalam format, tulisan dan warna yang dipakai. Untuk tahun 2018, jurnal saya berwarna-warni, untuk tahun 2019 saya tetap menggunakan warna tapi seminimal mungkin. Dan untuk layout pun saya ingin yang sederhana saja supaya tidak repot dalam proses pembuatannya. Karena kadang-kadang kalau melihat layout yang ribet, jadi malas mengerjakannya. Akhirnya jurnal tidak diisi dan kosong berhari-hari.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Thursday, December 27, 2018

2019 Bullet Journal Setup

2019 Bullet Journal Setup. Tidak terasa ya sebentar lagi sudah tahun 2019. Bagaimana tahun 2018 kamu? Apakah sesuai harapan? Atau malah sebaliknya? Tahun 2018 bagi saya masih dalam tahap penyesuaian. Di awal tahun saya menargetkan ingin lebih banyak ngeblog, tapi nyatanya malah jarang buka laptop hehehe. Tahun ini anak saya yang paling kecil mulai sekolah, jadi masih mencari ritme yang pas dan mencari waktu yang pas buat aktivitas ngeblog. Saya merasa sudah tahu apa saja aktivitas saya sehari-hari, jadi saya bisa mulai membagi waktu untuk kegiatan yang lain.

Sudah setahun lebih saya menggunakan bullet journal untuk mengatur semua kegiatan saya, dan itu sangat membantu sekali. Saya merasa bisa membagi-bagi kegiatan saya dan membuat saya tetap terorganisir. Dan mulai tahun 2019, saya ingin membagikan bagaimana cara saya membuat dan menyeting bullet journal. Dimulai dengan postingan ini.

Yang belum tahu apa itu bullet journal, bisa membaca postingan saya sebelumnya DI SINI. Jadi kamu tidak akan bingung membaca postingan ini. Inti dari bullet journal itu adalah membuat agenda yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.
bullet journal, bullet journal setup, bullet journal 2019, bullet planner, bullet notebook, how to make bullet journal, membuat bullet journal, bullet journal layout

Monday, February 26, 2018

Apa itu Bullet Journal?

Apa itu Bullet Journal? Saya termasuk orang yang terorganisir, suka kalau semua tertata rapi dan teratur. Karena itu saya suka mencatat semua kegiatan saya di buku, agenda sih kalau orang bilang ya. Dulu waktu masih kerja kantoran agenda itu memang kepake banget, buat mencatat semua kegiatan, jadwal meeting dan lain-lain. 

Setelah resign dan jadi ibu rumah tangga, udah gak pakai agenda dong?  Masih. Memang sih yang ditulis sudah tidak sebanyak waktu masih kerja, tapi tetep aja saya lebih suka kalau aktifitas saya sehari-hari ditulis di buku. Apa aja yang ditulis? Banyak. Jadwal bebersih rumah, jadwal kalau ada kegiatan di sekolah anak, dan semenjak jadi blogger aktifitas ngeblog pun saya catat.

Kenapa sih apa-apa ditulis? Selain karena saya orang yang terorganisir, saya juga suka lupa. Maklum faktor ‘U’. Kalau semua disimpen di otak, saya jadi merasa banyak pikiran. Jadi semua yang ada di otak saya pindahkan ke buku. Dan setiap pagi saya akan buka buku agenda untuk melihat aktifitas apa saja yang harus saya lakukan hari itu.

Karena buku agenda sudah jadi kebutuhan saya, setiap kali saya pergi ke toko buku pasti selalu melihat ke bagian buku agenda. Tapi sering gak jadi beli karena desainnya terlalu monoton dan semuanya seragam. Ya iyalah namanya bukunya agenda, tampilannya ya gitu-gitu aja, karena yang diutamakan fungsinya. Dan akhirnya balik lagi deh pakai buku tulis biasa. Dan kekurangannya pakai buku tulis biasa adalah, kurang menarik jadi suka males-malesan nulis di buku agenda hihihi. Tapi itu dulu waktu belum pake bullet journal.

perkenalan bullet journal, apa itu bullet journal, tentang bullet journal, bullet journal untuk pemula, memulai bullet journal, serba serbi bullet journal