Wednesday, January 30, 2019

February 2019 Bullet Journal Setup

February 2019 Bullet Journal Setup. Perasaan kemarin baru saja tahun baru, sekarang sudah mau Februari aja. Tidak terasa ya. Gimana bullet journal bulan kemarin? Semoga masih tetap semangat membuat bullet journal ya. Sudah mau bulan Februari berarti sudah saatnya kita membuat journal untuk bulan Februari. Yuk siapkan peralatannya.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup


Untuk bulan Februari ini, saya menggunakan washi tape dengan motif hati untuk tema journal saya. Washi tape ini saya beli di Daiso, harganya murah dan motifnya juga cantik. Sebenarnya untuk motif ini ada banyak pilihan warna, ada hitam, putih dan gold, tapi saya lebih tertarik dengan warna pink. Ukuran washi tape ini kecil, lebarnya 7.5 mm. Jadi sangat cocok untuk border.

Font yang saya gunakan untuk bulan Februari yaitu cursive, supaya kesannya lebih klasik dan feminim. Menurut saya pas dengan motif washi tape yang saya pakai. Gimana menurut kamu?

Cover


Saya hanya menuliskan February untuk cover bulan ini. Sebagai dekorasi, saya tambahkan washi tape di bagian atas dan bawah sebagai border. Tulisan February dengan metode calligraphy, menggunakan Pentel Touch brush pen.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Saya sudah lama tidak berlatih calligraphy, jadi ketika saya menulis February, tangan sedikit kaku jadi tulisannya agak berantakan hehehe. 

Monthly Log


Desain monthly log bulan ini masih sama dengan desain bulan lalu. Berbentuk kalender sederhana. Di bagian atas saya tambahkan judul February 2019. Di bagian kanan saya juga menambahkan space untuk menuliskan agenda untuk bulan berikutnya.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Saya juga menambahkan dekorasi washi tape di bagian pinggir halaman dan pada kotak kalender yang kosong. Sebenarnya saya kurang sreg dengan dekorasi di kotak ini, mungkin nanti kalau saya ada ide lain desain ini akan saya ganti. Keuntungan menggunakan washi tape yaitu kita bisa membuka kembali tape yang sudah kita tempel tanpa merusak tape dan kertasnya. Jadi bisa dibongkar dan dipasang sesuka kita.

Weekly log


Weekly log bulan ini saya buat dengan layout yang berbeda dengan bulan sebelumnya. Kalau bulan sebelumnya saya membuat kotak perhari di bagian atas, untuk bulan ini saya tempatkan semua dalam satu halaman. Dan bagian untuk tracker saya letakkan di halaman sebelahnya.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Sebelum membuat kotak harian ini, saya sudah merencanakan akan menambahkan washi tape di bagian atas kotak, tetapi ketika pengerjaan, saya lupa dan akhirnya saya membuat kotak yang tertutup. Karena itu saya gunakan washi tape untuk menutup garis yang sudah saya buat. Jadi kelihatan ya garisnya, tapi tidak apa-apa.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Tanggal saya tulis menggunakan Zebra Mild Liner warna pink, supaya senada dengan warna washi tape. Lalu saya tuliskan nama hari-hari di atas tanggal menggunakan drawing pen. Tulisan yang saya gunakan yaitu cursive atau calligraphy.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Desain untuk productivity tracker masih sama dengan desain bulan lalu. Tapi bulan ini saya menambahkan satu aktivitas yaitu drawing. Tahun ini saya memang menargetkan untuk lebih banyak menggambar, terutama botanical drawing. Walaupun mungkin tidak bisa setiap hari berlatih menggambar.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Tracker suhu dan berat badan saya gabungkan dengan tracker cuaca dalam bentuk tabel. Saya bagi perhari dengan beberapa tabel. Saya menambahkan satu tracker yaitu water tracker. Jadi dalam tabel tersebut ada tracker cuaca di sebelah kiri, tracker suhu dan berat badan di bagian tengah, dan tracker air minum di bagian kanan.

Untuk tracker cuaca, saya akan menggambarkan cuaca pada hari itu misalnya panas atau hujan. Pada tracker suhu dan berat badan saya akan menuliskan angkanya. Dan pada water tracker, saya akan mewarnai kotak-kotak yang ada tabel sesuai dengan jumlah air minum yang saya konsumsi. Misalnya hari itu saya minum 8 gelas air, maka saya akan mewarnai 8 kotak. Jadi saya bisa tahu berapa banyak air yang saya minum per harinya. Harusnya kan 8 gelas per hari ya, untuk memenuhi kebutuhuan air di tubuh kita.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup

Saya tetap memerlukan bagian untuk cleaning, untuk mencatat apa-apa saja yang harus saya bersihkan dalam minggu yang bersangkutan. Saya sudah mencoba teknik ini bulan lalu. Dan hasilnya? Saya bisa mendata hal-hal yang harus saya bersihkan, yang sering terlewat, dan bisa saya cicil untuk dibersihkan. Misalnya saya harus mencuci keset atau mencuci gorden jendela, saya catat di bagian ini dan saya bisa lihat apa saja yang belum saya bersihkan. Kalau saya belum sempat mengerjakannya di minggu ini, akan saya pindahkan ke minggu berikutnya.

Mencuci barang-barang ini kan tidak harus dikerjakan setiap hari ya, makanya saya sering lupa. Sudah berbulan-bulan bahkan kadang-kadang ternyata sudah setahun belum dicuci. Kalau dijadwal seperti ini bisa memudahkan saya, jadi tidak harus menunggu sampai bentuknya sudah kucel baru dibersihkan.

Memories page


Bulan ini saya mau mulai lagi membuat memories page. Dulu saya pernah berniat membuat memories page, tapi ternyata tidak pernah diisi, saya tidak semangat untuk mengisinya. Tapi setelah saya mencari-cari tentang memories page, menemukan bermacam-macam cara dan beraneka ragam layout yang menarik untuk memories page, akhirnya saya semangat lagi mau membuat memories page.

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup


Saya membuat memories page ini dengan layout seperti kalender bulanan. Saya akan menulis atau menggambarkan hal-hal penting atau berkesan yang terjadi pada hari yang bersangkutan. Kalau sekarang memang belum ada isinya, tapi harapannya semoga di akhir bulan Februari halaman ini sudah penuh dengan memori-memori yang berkesan.

Bagaimana bullet journalmu untuk bulan Februari? Sebaiknya sih setiap bulan kita membuat tema yang berbeda-beda tiap bulannya. Supaya apa? Supaya semangat mengerjakannya, supaya tidak bosan dengan tema-tema yang itu-itu saja.

Jangan takut untuk berkreasi. Membuat layout yang berbeda dari yang biasanya. Tidak ada yang salah atau yang benar dalam berkreasi, hanya cocok atau tidak dengan pribadi masing-masing. Kalau layoutnya bagus tapi tidak sesuai dengan aktivitas kita, pastinya nanti tidak akan maksimal mengerjakannya. Jadi buatlah yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Stay organized ^^

Pin Me!

bullet journal, bullet journal setup, february 2019 bullet journal setup, february 2019 setup, bullet journal indonesia, journal setup



No comments:

Post a Comment