Friday, December 28, 2018

January 2019 Bullet Journal Setup

January 2019 Bullet Journal Setup. Seperti yang saya tulis di postingan saya sebelumnya, saya mulai membuat bullet journal sendiri di tahun 2019, setelah sebelumnya saya selalu mencontoh tema dan layout yang digunakan oleh orang lain. Saya ingin bullet journal saya nanti lebih simple dan lebih feminim.

Lebih simple dalam format, tulisan dan warna yang dipakai. Untuk tahun 2018, jurnal saya berwarna-warni, untuk tahun 2019 saya tetap menggunakan warna tapi seminimal mungkin. Dan untuk layout pun saya ingin yang sederhana saja supaya tidak repot dalam proses pembuatannya. Karena kadang-kadang kalau melihat layout yang ribet, jadi malas mengerjakannya. Akhirnya jurnal tidak diisi dan kosong berhari-hari.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal


Untuk bulan pertama di tahun 2019, saya memakai tema Plumeria, atau kalau di Indonesia dikenal dengan nama bunga Kamboja. Kenapa bunga? Karena saya suka bunga-bunga, dan karena saya memilih tema feminim untuk jurnal saya.

Mulai tahun 2019 saya juga ingin lebih banyak menggambar lagi, terutama floral drawing. Dan menggambar bunga-bunga di jurnal saya merupakan salah satu cara supaya saya lebih sering menggambar.


January cover


Untuk cover bulan Januari, saya menggunakan tulisan yang sederhana. Lalu saya tambahkan kumpulan bunga Plumeria di bagian bawahnya. Tulisan yang simple membuat gambar Plumeria terlihat menonjol. Saya pilih hitam putih untuk tema warna bulan ini.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Saya menggunakan pena gambar ukuran 0.5 untuk membuat bunga, pena gambar ukuran 0.3 untuk arsir bunga, dan pena gambar ukuran 0.05 untuk menggambar daunnya. 

Monthly log


Di halaman ini saya membuat kalender bulan Januari. Di sini saya akan menuliskan agenda kegiatan-kegiatan yang akan dikerjakan dalam satu bulan. Saya tulis di tanggal yang bersangkutan.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Ukuran setiap kotak 5 x 6 kotak kecil, karena saya pakai grid notebook, sudah ada kotak-kotak kecil yang mempermudah membuat ukuran.

Di bagian kanan kalendar saya sisakan untuk menulis agenda kegiatan-kegiatan di bulan yang akan datang, dan akan saya pindahkan ke kalender bulan yang bersangkutan nantinya. 

Saya menambahkan gambar bunga Plumeria di beberapa bagian.

Weekly layout


Biasanya saya membuat daily log terpisah dari tracker, tapi berdasarkan pengalaman, saya harus membolak-balikkan kertas untuk mencari, jadi saya memutuskan untuk meletakkan daily log dan tracker pada satu halaman.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Hasilnya memang untuk daily log ukurannya jadi lebih kecil, tapi cukup untuk menulis semua aktivitas saya yang tidak terlalu banyak. Biasanya sih cuma berhubungan dengan anak-anak, misalnya jadwal membuat bento, jadwal kunjungan ke sekolah dan lain-lain.

Daily log


Di bagian ini saya menuliskan kegiatan-kegiatan yang sudah ada di monthly log, dengan lebih detil. Bisa menuliskan event, tempatnya, jam berapa, atau menuliskan to do list pada hari itu.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Tulisan tanggal dan hari saya tulis biasa saja, supaya cepat. Biasanya saya membuat gambar untuk menempatkan tanggal dan hari, tapi memerlukan banyak waktu dan banyak tenaga karena jumlahnya banyak. Jadi mulai sekarang saya mencoba untuk membuatnya sesederhana mungkin.

Cuaca


Tabel ini untuk merekam cuaca pada minggu berjalan. Kalau cuaca cerah, saya akan menggambar matahari di dalam tabel, atau kalau hujan saya akan menggambar air hujan di tabel, dan begitu seterusnya.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Di kotak paling bawah, saya akan menulis suhu tertinggi dan terendah pada hari itu. 

Cleaning


Di sini saya akan menuliskan daftar ruangan-ruangan yang harus saya bersihkan dalam minggu ini, misalnya dapur, kamar mandi, dan lain-lain. Karena tidak punya asisten rumah tangga, jadi semua harus dikerjakan sendiri. Dan tidak mungkin saya mengerjakan semuanya dalam satu hari, setiap harinya, maka saya membuat jadwal untuk bersih-bersih.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Saya sudah lama menerapkan bersih-bersih dengan cara seperti ini, dan ternyata membantu sekali. Saya tinggal menuli apa saja yang akan dibersihkan, dan ketika sudah dikerjakan tinggal di coret, jadi akan terlihat apa lagi yang belum dibersihkan. Kadang-kadang suka lupa, ternyata ini belum dibersihkan atau yang itu belum dicuci, kalau sudah dijadwal jadi terasa lebih ringan.

Notes


Di bagian ini saya akan menuliskan hal-hal yang penting di minggu ini, atau apa saja yang terlintas. Biasanya sih sering tidak terisi hehehe. 

Suhu tubuh


Setiap hari saya selalu mengukur suhu tubuh, bisa mengetahui rata-rata suhu normal kita. Saya buat dalam bentuk grafik.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Saya biasanya hanya menuliskan saja berapa suhunya, tapi kalau dibuat grafik akan lebih terlihat naik atau turunnya dan bisa lebih terlihat rata-rata suhu badan berapa.

Berat badan


Saya juga membuat tracker ini dalam bentuk grafik, supaya lebih terlihat naik atau turunnya. Saya berusaha untuk mengukur berat badan saya setiap hari, untuk mengontrol kenaikan juga. Setahun yang lalu saya belum punya timbangan, jadi tidak pernah mengukur berat badan, akibatnya saya tidak tahu berat badan saya dan ketika ditimbang ternyata naik drastis.

Setelah menimbang berat badan setiap hari, saya bisa tahu berat saya stabil atau naik, sehingga saya jadi bisa mengontrol makanan yang saya makan dan berat badan saya juga bisa terkontrol.

Productivity tracker


Tracker ini untuk mengetahui aktivitas yang saya kerjakan sehari-hari. Saya seorang ibu rumah tangga yang setiap hari di rumah mengurus anak-anak dan suami, saya ingin waktu luang saya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Dengan tracker ini saya bisa tahu aktifitas apa yang saya kerjakan hari itu.

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal

Kalau dulu saya suka menjadwal per hari, misalnya hari Senin saya gunakan untuk ngeblog, hari Selasa untuk bikin kerajinan, dan seterusnya. Tapi ternyata cara ini kurang pas untuk saya, karena ketika jadwal untuk ngeblog, ternyata saya lagi tidak mood untuk menulis dan ingin merajut saja misalnya, jadi jadwal yang saya buat malah berantakan. Akhirnya saya membuat tracker seperti ini, lebih pas untuk saya.

Di halaman ini pun saya membuat gambar bunga Plumeria di beberapa bagian untuk menyesuaikan tema.

Karena saya tidak mau repot setiap minggu harus bikin weekly log, jadi untuk satu bulan langsung saya buat sekaligus dengan layout yang sama. Jadi saya tinggal isi saja dan bisa mulai mempersiapkan untuk bulan berikutnya. Tapi ada juga yang lebih suka membuat weekly log per minggu, dan menggunakan layout yang berbeda-beda. Selera masing-masing ya.

Halaman-halaman ini sudah cukup memenuhi kebutuhan saya setiap bulannya. Halaman-halaman yang lain bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bagaimana dengan kamu? Apa saja yang kamu perlukan di bullet journalmu? Share ya.

Stay organized ^^

bullet journal, bullet journal layout, bullet journal 2019, bullet journal january 2019, journal notebook, journal planner, bullet journal indonesia, how to make bullet journal, memulai bullet journal


2 comments:

  1. Layoutnya fungsional banget kak, saya suka. Saya nggak pernah buat selengkap ini karena biasanya dua halaman sudah habis dipakai untuk weekly. Kalau boleh tahu ini ukuran bukunya berapa ya kak?

    ReplyDelete